4 Tips Mencari Pinjaman Modal Usaha yang Mudah

Salah satu kendala yang sering dirasakan oleh para pelaku usaha adalah kesulitan dalam mencari pinjaman modal usaha. Padahal, ketika modal usaha ini mudah didapatkan, maka pelaku usaha bisa dengan mudah memulai usahanya. Nah, untuk Anda yang sedang dalam fase ini, berikut ini adalah tips mencari pinjaman modal yang bisa diikuti.

  1. Melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Tips pertama yang bisa Anda coba untuk mencari pinjaman modal adalah melalui Kredit Usaha rakyat atau KUR. Ini adalah salah satu jenis program yang dibuat oleh pemerintah untuk membantu para pelaku bisnis mikro, kecil dan juga menengah.

KUR ini bisa digunakan pada jenis usaha pertanian, perikanan, industri, kehutanan, kelautan dan juga jasa simpan pinjam. Nah, beberapa bank di Indonesia juga sudah bekerja sama untuk menyukseskan program ini.

Seperti halnya bank Mandiri, mandiri Syariah, Bri, BTN, Bukopin, BNI, BNI Syariah dan bank lainnya. Untuk bunganya sendiri juga tidak besar, yakni hanya 7% per tahun. Di sini Anda bisa meminjam modal sebesar Rp500.000 yang bisa di cicil selama 72 bulan atau 6 tahun.

Nah, untuk bisa mendapatkan pinjaman modal usaha ini, maka Anda harus menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Beberapa dokumen ini berupa kartu identitas, laporan keuangan, akta pendirian usaha, dan juga persyaratan lainnya yang akan ditentukan oleh pihak bank.

  1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Cara mendapatkan pinjaman modal berikutnya juga bisa Anda dapatkan melalui Kredit Tanpa Agunan. Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa mendapatkan modal tanpa harus menyiapkan aset. Selain itu, bunga yang diberikan juga rendah yakni kurang dari 1%.

Dengan kelebihan yang dimiliki oleh KTA ini membuat KTA begitu populer di kalangan pebisnis. Di sini, Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp 200 juta hingga Rp 300 juta lho.

Sedangkan untuk batas pengembaliannya juga beragam, ada yang 60 bulan atau 5 tahun dan ada juga yang disesuaikan dengan kesanggupan. Cara yang satu ini tentunya bisa Anda coba untuk mendapatkan pinjaman modal dalam jumlah yang besar.

  1. Franchise

Tips lain yang bisa Anda coba untuk mendapatkan modal usaha adalah melalui bisnis franchise atau waralaba. Ketika Anda menjalankan bisnis ini, maka Anda sama saja dengan bekerja sama dengan pelaku usaha yang sudah memiliki brand.

Ada beberapa jenis usaha yang bisa Anda geluti jika memilih cara ini seperti bidang kuliner, minimarket hingga barbershop. Nah, untuk menjalankan bisnis ini juga membutuhkan modal yang sedikit dibandingkan dengan bisnis lainnya.

  1. Investasi

Ini adalah cara yang bisa Anda lakukan jika Anda membutuhkan modal usaha namun tidak ingin meminjam kepada pihak ketiga. Investasi menjadi pilihan yang bisa anda lakukan. Saat in, untuk melakukan investasi tidak dipatok berapa jumlah uang yang Anda miliki.

Dengan melakukan investasi, uang yang Anda miliki bisa terus bertambah tanpa harus meminjam. Dari sinilah nantinya bisa Anda gunakan sebagai modal. Nah, investasi yang dilakukan juga beragam, mulai dari investasi jangka pendek hingga jangka panjang.

Namun, di sini Anda harus mengetahui jika melakukan investasi. Ketika Anda menginginkan return yang tinggi, maka Anda juga harus siap untuk menerima risiko yang tinggi pula.

Itu dia beberapa tips mencari pinjaman modal usaha yang bisa Anda lakukan. Coba deh gunakan cara ini untuk mengembangkan usaha yang Ada miliki. Anda juga bisa menggunakan HSBC untuk mengatasi masalah keuangan Anda. Asalkan memang uang tersebut digunakan untuk modal, jangan pernah takut jika usaha yang dilakukan tidak berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *