Cara Menjalankan Bisnis Social Commerce Indonesia

Saat ini bisa dikatakan sedang berada di era digital. Apa pun bisa Anda dapatkan secara online menggunakan smartphone. Apa lagi soal belanja sudah banyak toko online yang beredar. Ini menjadi peluang buat Anda untuk membuka bisnis social commerce Indonesia. Berikut cara menjalankan bisnis social commerce di Indonesia agar bisa sukses.

  1. Pencarian Ide

Dimulai dengan pencarian ide tentang barang atau produk apa yang akan Anda jual. Langkah ini dengan melihat kebutuhan pasar, maka Anda harus menentukan sasaran pasar dari produk yang akan dijual nantinya. Setelah menemukan barang atau produknya maka buatlah sebuah perencanaan bisnis. Dari modal sampai risiko yang akan terjadi pada bisnis Anda.

Jika bisnis ini dibangun sendiri, maka Anda harus mengatur semuanya sendiri dengan sangat teliti. Namun, jika melakukannya bersama rekan lakukan pembagian yang rata agar bisa bekerja sama dengan baik dan bisnis Anda bisa berjalan lancar.

  1. Riset

Setelah menemukan ide Anda harus melakukan riset saingan dari bisnis yang dijalankan. Cari tahu apa saja spesifikasi produknya dan Anda harus menemukan cara untuk membuat produk yang dijual menjadi lebih baik atau lebih unggul.

  1. Adakan Pre Sales

Anda yang baru memulai bisnis ini bisa mengadakan pre sales sebagai bentuk perkenalan untuk menarik pembeli atau konsumsi. Dari sales ini akan menunjang pertumbuhan bisnis yang baru saja dimulai. Anda persiapkan saja ketentuan untuk bisa mendapatkan pre salesnya.

  1. Lakukan Pemasaran

Cara berikutnya dalam memulai bisnis ini dengan melakukan pemasaran sesuai budget Anda. Gunakan berbagai media sosial untuk menarik perhatian dan menyasar ke konsumen yang menjadi incaran. Lakukan pemasaran atau promosinya setiap hari secara berkala. Buatlah tampilan yang dilakukan saat memasarkan produk terlihat sangat menarik perhatian.

  1. Pengujian Produk

Cara yang tak kalah penting dalam memulai bisnis ini adalah menguji kualitas produk Anda. Lakukan survei ke beberapa sasaran dari produk yang nantinya akan dijual. Misalnya contoh produk yang ada dari bisnis Anda buatkan sebuah video bersama rekan. Selain itu bisa melihat ketertarikan calon konsumen berapa banyak yang menyukai dan tidak sesuai sampel.

  1. Manajemen Bisnis

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah peluang untuk bisnis, sembari itu mempersiapkan nama toko dan produknya. Setelah menemukan nama buatlah logo dengan hak paten agar tidak bisa ditiru. Setelah itu lakukanlah promosi di berbagai media sosial. Sediakan juga website-nya yang jauh lebih lengkap.

  1. Pengiriman Barang

Tentukan pula jasa pengiriman barang yang akan digunakan setiap kali ada orderan. Jadi Anda bisa mengecek kapan bisa dilakukan pengiriman barang yang dijemput langsung ke rumah. Pastikan tempatnya terpercaya agar tidak mengalami masalah ke depannya. Jangan lupa juga untuk membuat jadwal pengiriman jika bisnis Anda nantinya sudah dijalankan.

  1. Tentukan Metode Pembayaran

Cara berikutnya dalam memulai bisnis social commerce ini dengan menentukan metode pembayaran. Jika sudah ditentukan, konsumen atau pelanggan bisa langsung memilih metode pembayaran yang dirasa paling mudah dan murah. Semakin banyak metode pembayaran yang bisa dilakukan akan semakin menguntungkan karena menjadi daya tarik bagi calon konsumen.

Anda bisa mencoba bisnis sosial commerce untuk menjadi sampingan atau pun menambah pendapatan. Lantas jika Anda  tidak memiliki modal yang cukup untuk menjual produk tersebut maka bisa mencoba bisnis reseller. Cara menjalankannya sangat mudah dan tentunya minim risiko. Jika Anda ingin mencoba menjadi reseller bisa mengunjungi website evermos.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *