Manfaat Fintek yang Jarang Diketahui Oleh Masyarakat

Fintek sebenarnya bukan hal yang asing lagi di kalangan masyarakat. Namun, masih banyak yang tak mengetahui tentang fintek karena kurangnya pengetahuan mengenai hal tersebut. Fintek sendiri adalah kepanjangan dari finansial teknologi. Belum ada definisi yang baku tentang fintek itu sendiri. 

Tetapi menurut yang telah dikatakan oleh Nasional Digital Research Center (NDRC) fintek bisa dibilang adalah inovasi yang ada pada bidang jasa keuangan atau finansial. Inovasi yang dikatakan tentu terkait dengan teknologi modern yang ada saat ini. Semua dapat dipersingkat dan juga dipercepat dengan adanya teknologi yang semakin pesat dalam hal pelayanan keuangan. 

Contohnya saja pada metode pembayarannya, transfer dana, pengumpulan dan juga pinjaman dana serta banyak hal lainnya yang kini semakin dipermudah dengan teknologi. Fintek Indonesia sendiri memiliki manfaat yang bisa dirasakan masyarakat. Berikut manfaatnya!

Mampu Meningkatkan Taraf Hidup

Fintech tak hanya dapat memberikan keuntungan yang besar dan dalam jumlah yang sangat banyak bagi perusahaan start up. Namun, fintech juga membantu masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup mereka dan juga membantu meningkatkan daya beli masyarakat.

Adapun contohnya Fintek Indonesia , misal saja ada sebuah perusahaan start up yang mana melakukan inovasi dengan menghadirkan merchant dengan menerima sistem pembayaran menggunakan kartu kredit ataupun debit dengan biaya yang cukup rendah. Hal ini juga termasuk memberikan keuntungan bagi masyarakat.

Contoh tersebut hanya sebagian kecil saja. Bahkan nyatanya bisa lebih dari itu. Fintech justru memiliki peranan yang jauh lebih penting lagi dalam usahanya melakukan pengentasan kemiskinan dari 600 juta jiwa bahkan lebih. Perusahaan start up tentunya terus berupaya memberikan keyakinan terhadap para investor akan hal ini.

Dapat Membantu Mengurangi Jumlah Pinjaman Dengan Bunga Tinggi

Kekhawatiran masyarakat selama ini selalu terletak pada kehadiran orang-orang yang mengaku menolong dengan memberikan pinjaman, akan tetapi justru mengenakan beban bunga di setiap pinjaman Fintek Asia yang dilakukan. Bahkan beban bunga tersebut terlampau tinggi dan membuat masyarakat merasa tercekik.

Namun, dengan adanya, hal tersebut tak perlu lagi menjadi masalah yang besar. Dikarenakan fintech memang menjawab kecemasan tersebut dengan menghadirkan sebuah sistem pinjaman uang yang justru lebih transparan dan bisa dinikmati masyarakat dengan mudah. Pastinya akan terasa sekali bagi mereka yang sering melakukan pinjaman untuk mengembangkan usaha ketika menggunakan fintech dan sebelum menggunakan fintech.

Memberikan Kemudahan Layanan Finansial

Manfaat yang paling dirasakan oleh masyarakat dari fintek adalah adanya kemudahan layanan dan segala transaksi yang kini bisa dilakukan kapan saja di mana saja. Berbanding terbalik beberapa tahun lalu yang mana untuk melakukan transfer uang saja harus mendatangi bank terlebih dahulu.

Kerepotan tersebut semakin menjadi ketika kita diharuskan mengantri, mengisi formulir dan sebagainya. Banyak tenaga dan waktu yang terbuang untuk hal ini. Tapi dengan adanya inovasi fintek, semuanya semakin jelas dan dapat dilakukan kapan pun yang kita mau. Prosesnya pun cepat serta tidak berbelit.

Salah satu platform layanan fintek indonesia yang berbasis online dan sedang populer saat ini adalah Amartha.com. Akan tetapi meski layanannya online, Amartha sendiri memiliki tim lapangan khusus yang akan mengkaji secara langsung kelayakan dari sang calon peminjam.

Platform yang satu ini juga telah berdiri sejak tahun 2010 yang mana berarti sudah sangat dipercaya. Meski awalnya adalah sebagai lembaga keuangan mikro, tapi Amartha saat ini telah menjadi fintek peer-to-peer lending yang sudah menghubungkan antara pengusaha mikro dengan pemilik modal langsung dengan sistem online.

Itulah sekilas tentang fintek, serta manfaat fintek Indonesia dan perannya di Asia yang jauh lebih penting. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *