Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Pilih Tempat Les Anak

Masa kanak-kanak merupakan masa di mana bakat akan paling optimal perkembangannya bila ditempa. Makanya, tak heran jika banyak orang tua mengikutkan anaknya les, dengan beragam jenis keterampilan, mungkin itu musik, tari, animasi, dan lainnya. Bagi Anda yang juga berencana memilihkan tempat les anak bagi si buah hati, pertimbangkan dulu beberapa hal penting berikut ini.  

  1. Bidang Keterampilan yang Diminati oleh Anak

Kemauan anak untuk mengikuti les merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh orang tua. Jangan sampai nantinya si anak merasa terpaksa mengikuti les, sehingga ia sama sekali tak fokus dalam menjalaninya. Bahkan mungkin saja, si anak ujung-ujungnya merasa benci dengan bidang yang ia pelajari saat les, karena sama sekali tak sesuai dengan minatnya.

Maka dari itu, biasakan untuk mengamati dulu apa bidang yang sekiranya disukai oleh anak Anda. Semisal ia di rumah suka menyanyi, Anda bisa masukkan ia ke tempat les menyanyi. Begitu pun juga jika anak Anda suka sekali menghabiskan waktu dengan menggambar. Anda bisa memilihkan tempat les gambar yang berkualitas, sehingga ia nantinya bisa jadi animator yang handal.

Berbicara tentang tempat les menggambar, khususnya gambar 3D, Anda bisa memilih ESDA sebagai tempat les bagi buah hati Anda. ESDA merupakan waralaba pendidikan satu-satunya di Indonesia yang fokus mengajarkan keterampilan menggambar 3D. ESDA akan menempa keterampilan menggambar anak, sehingga nantinya bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

  1. Kualitas Tempat Les

Kualitas tempat les bisa Anda nilai dari lulusannya serta pengajar yang mengabdikan diri di sana. Cari tahu bagaimana kemampuan atau mungkin kiprah dari lulusan tempat les tersebut. Banyak loh tempat les yang menjadi sumbernya anak-anak berprestasi dan memenangkan berbagai kejuaraan. Ada pula malah yang diterima langsung bekerja dan menghasilkan uang sendiri.

Selain itu, kualitas pengajar juga menjadi hal yang tak boleh Anda abaikan begitu saja. Cermati dengan benar portofolio dari para pengajar yang akan mengasah kemampuan anak Anda di tempat les tersebut. Semakin banyak pengalamannya dalam mengajar, tentu akan semakin banyak ilmu yang bisa diberikannya pada anak Anda nantinya.

  1. Lokasi Tempat Les

Mengingat les bukan satu-satunya kegiatan yang diikuti anak, maka baiknya Anda pilih tempat les yang lokasinya dekat dengan rumah. Jika tempat les berjarak lumayan dekat dari rumah, maka anak tak perlu membuang banyak waktu menuju tempat tersebut. Anak pun juga tak akan merasa terlalu lelah, jika sekiranya mengikuti les sepulang ia dari sekolah.

  1. Biaya Les

Sebelum memilih tempat les bagi anak seperti les gambar, menyanyi, menari, dan sebagainya, besaran biaya les juga harus Anda pertimbangkan. Jangan sampai nanti biaya les memakan sebagian besar pendapatan bulanan Anda, sehingga Anda pun kesulitan memenuhi kebutuhan keluarga. Pilihlah tempat les untuk anak yang biayanya sesuai dengan isi dompet Anda.

  1. Tersedianya Jaminan Kerja atau Tidak

Walaupun tak seluruhnya, namun ada tempat les yang memberikan jaminan kerja bagi para siswanya, misalnya seperti ESDA. Jadi, tak hanya keterampilan saja yang diasahnya, namun pekerjaannya setelah selesai mengikuti les pun telah disiapkan. Jika ada pilihan tempat les yang seperti ini, tentu sangat direkomendasikan untuk Anda agar memilihnya.

Optimalkan manfaat les untuk mengasah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh anak Anda. Carikan anak jenis les yang sesuai dengan minatnya, agar ia tak hanya belajar hal yang baru namun juga bisa menikmati proses belajarnya. Jangan lupa juga untuk mengecek kualitas tempat les yang akan Anda pilih, agar anak bisa mendapat pengajaran di tempat les yang paling berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *